Anis Writer

Cara Membuat Judul Artikel Yang Menarik: 10+ Panduan Untuk Pemula

Mengetahui cara membuat judul artikel yang impactful adalah salah satu ilmu dasar yang harus Anda kuasai. Mengingat, judul adalah kalimat pertama yang orang lain baca dan memiliki dampak yang sangat besar untuk menarik pembaca.

Mungkin Anda pernah membaca sebuah judul yang biasa-biasa saja sehingga tidak menimbulkan hasrat untuk membaca lebih dalam. Atau, ada sebuah judul yang meskipun hanya terdiri dari beberapa kata tapi membuat Anda sangat penasaran.

Dari contoh di atas, Anda bisa menarik kesimpulan bahwa pengaruh sebuah judul sangat luar biasa. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak informasi lengkapnya di sini.

Pentingnya Membuat Judul Artikel yang Menarik

Seberapa penting sih membuat judul artikel yang menarik?

Jika dari penjelasan Anis Writer di awal tadi, membuat judul semenarik mungkin sangatlah penting. Karena berhubungan dengan menarik calon pembaca. Apalagi, jika Anda membuat artikel untuk sebuah website. Judul harus memikat agar banyak orang yang mengunjungi laman yang Anda buat.

Karena judul sangat penting, bahkan ada ilmu tersendiri yang khusus membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah judul.

Apa yang Harus Ada di Judul Artikel?

Jika sudah mengetahui betapa pentingnya sebuah judul, lantas pertanyaan selanjutnya adalah apa yang harus ada di dalam judul artikel?

1. Mengandung Pokok Pikiran

Sebuah judul harus merepresentasikan isi dari artikel yang Anda buat. Judul bisa digunakan sebagai rel agar pembahasan tidak keluar dari jalur yang seharusnya.

2. Kalimat yang Membuat Penasaran

Agar orang mau membaca artikel yang Anda buat, buatlah pembaca Anda penasaran dengan judul yang ingin Anda jelaskan di dalam artikel.

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Banyak Pembaca

Meskipun terlihat mudah, namun nyatanya masih banyak yang kesulitan dalam membuat judul artikel. Cara berikut bisa Anda jadikan sebagai masukan untuk membuat judul.

1. Mengandung Topik Up to Date

Cara paling mudah untuk membuat judul agar menarik bagi pembaca adalah dengan membuat judul yang berhubungan dengan peristiwa up to date. Misalnya saja tentang kenaikan harga minyak dan BBM atau tentang wacana pemilu yang ditunda.

Orang akan lebih tertarik membaca judul yang sedang hits karena biasanya peristiwa aktual dijadikan sebagai topik pembicaraan dengan orang lain. Untuk mencari topik terkini, Anda bisa membaca berita di TV atau mencarinya di internet.

2. Membuat Kalimat Negatif

Kalimat negatif tidak hanya berguna untuk membuat tulisan agar tidak monoton. Namun, kalimat negatif juga memiliki manfaat untuk sebuah judul yang menarik pembaca. Ini karena kecenderungan masyarakat yang lebih tertarik untuk membahas tentang kekurangan dibandingkan dengan kelebihan.

Contoh judul yang mengandung kalimat negatif misalnya, Kamu Tidak Akan Mendapatkan Pahala Jika Melakukan Kesalahan Berikut.

3. Menggunakan Angka pada Judul

Jika Anda membuat artikel untuk sebuah blog, menggunakan angka pada judul akan memiliki pengaruh besar, terutama dalam dunia digital marketing. Judul dengan angka akan lebih diminati dibandingkan dengan judul yang hanya berisikan kalimat saja. Coba bandingkan judul di bawah ini.

  • Tips Diet Tanpa Sakit Yang Wajib Dicoba
  • 10 Tips Diet Tanpa Sakit Yang Wajib Dicoba

Anda lebih tertarik membaca artikel dengan judul yang mana? Tentu saja judul yang kedua. Karena, pembaca sudah memiliki gambaran akan ada banyak penjelasan di dalamnya. Dibandingkan dengan judul tanpa angka yang membuat pembaca ragu apakah penjelasannya lengkap ataukah tidak.

4. Mengandung Hal-Hal yang Tidak Diketahui

Tujuan pembaca membaca artikel adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka tidak ketahui. Nah, ini bisa Anda gunakan untuk membuat judul sebuah artikel. Misalnya, 6 Fakta Tentang Minyak Goreng yang Tidak Anda Ketahui.

Secara alamiah, insting orang akan mencari informasi lebih terhadap sesuatu yang tidak mereka ketahui yang memberikan banyak insight. Teknik ini sering digunakan agar orang tertarik untuk membaca tulisan seperti artikel atau headline dari sebuah berita.

5. Gunakan Teknik FOMO

Teknik FOMO juga sering digunakan untuk membuat judul yang menarik. FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out atau dengan kata lain ketakutan seseorang jika tidak mengikuti suatu tren tertentu yang sedang berkembang di sekitarnya.

Teknik FOMO dapat membangun emosional ketika seseorang membaca suatu judul artikel. Contoh judul yang mengandung FOMO misalnya, 9 Gaya Fashion yang Sering Dipakai Anak Kuliahan.

Saat membaca judul tersebut, calon pembaca akan terbawa emosi bahwa ia juga harus menggunakan gaya fashion tersebut saat berkuliah. Tujuannya adalah agar mengikuti tren, tidak dicap kuno, atau menjadi bahan bullying.

6. Gunakan Kata yang Mengandung ‘Bantuan’ pada Judul

Menuliskan kata yang mengandung bantuan pada judul secara tidak langsung memberikan solusi terhadap permalasahan yang sedang dialami oleh pembaca. Dengan kata bantuan, pembaca akan benar-benar mendapatkan solusi yang bisa membantu mereka.

Anda bisa membuat judul yang mengandung kata bantuan seperti, 5 Cara Ini Akan Membantumu untuk Hidup Lebih Baik.

Hindari Hal Berikut Saat Membuat Judul Artikel

Meskipun Anda bisa membuat judul artikel sesuka hati, namun hindari hal berikut ketika membuat judul artikel. Jika Anda menuliskannya untuk sebuah artikel di blog, ini akan mempengaruhi skor optimasi Search Engine Optimization.

1. Tidak Sesuai dengan Isi Artikel

Saya yakin, Anda pasti pernah menemukan judul yang sangat menarik, namun ternyata isinya tidak sesuai dengan judulnya bukan? Nah, kesalahan ini yang sering dilakukan dan sebaiknya Anda hindari. Alih-alih ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, namun mereka justru kecewa dengan artikel yang dibaca.

Bahkan, fatalnya mereka akan enggan berkunjung kembali untuk membaca artikel yang Anda buat. Karena seharusnya judul harus mengandung gagasan pokok dari artikel itu sendiri.

2. Judul yang Terlalu Panjang

Jangan pernah membuat judul yang terlalu panjang. Tapi buatlah judul yang singkat, padat, dan menarik. Lebih bagus lagi jika Anda membuat judul yang mengandung keyword atau kata kunci agar mendapatkan banyak pengunjung jika dipublikasikan di blog.

3. Menggunakan Titik di Akhir Judul

Judul yang benar adalah tidak mengandung titik di belakang kalimat. Karena, judul bukanlah pembahasan artikel yang memerlukan tanda titik di belakang. Namun, Anda bisa menggunakan tanda baca lainnya seperti tanda tanya atau tanda seru.

4. Menggunakan kata sinonim dalam satu kalimat

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menggunakan kata yang sebenarnya memiliki arti sama. Misalnya, Judul Artikel Adalah Merupakan Daya Tarik.

Dari judul di atas, terdapat kata yang memiliki arti sama, yaitu adalah dan merupakan. Anda bisa meringkasnya dengan memilih salah satu dari dua kata tersebut. Misalnya, Judul Artikel Adalah Daya Tarik atau Judul Artikel Merupakan Daya Tarik.

Bagaimana mengetahui kalau kata yang dimasukkan merupakan sinonim? Untuk yang satu ini Anda harus memperbanyak perbendaharaan kata lewat KBBI atau menggunakan tools khusus untuk mengecek tata bahasa yang Anda gunakan.

Demikianlah cara membuat judul artikel beserta panduan lengkapnya. Jadi, sekarang Anda tahu kan bagaimana cara membuat judul yang menarik?