Anis Writer

30 Peluang Usaha Potensial Yang Belum Banyak Pesaing 2022

Jika Anda ingin terjun menjadi pengusaha, Anda harus jeli dalam melihat peluang usaha yang ada di sekitar. Sebenarnya, ide usaha sangatlah banyak. Hanya saja Anda dituntut untuk bisa mencari celah dari setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

Peluang usaha adalah segala kemungkinan yang bisa Anda ambil untuk bisa dijadikan sebagai usaha baru demi mendapatkan keuntungan.

Terlebih lagi di masa pandemi, kebutuhan kian meningkat namun lapangan pekerjaan atau gaji mengalami penurunan. Maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah pemasukan dari usaha.

Sayangnya, banyak sekali ditemui usaha yang gulung tikar alias tidak bertahan lama. Alih-alih ingin menambah pemasukan, malah justru mengalami kerugian. Untuk itu, sebelum Anda benar-benar terjun dalam bidang ini, Anda memerlukan ilmu yang cukup agar tidak boncos di kemudian hari.

Tips Sebelum Memulai Usaha

Tips Sebelum Memulai Usaha

Pengertian peluang usaha adalah segala kemungkinan yang bisa Anda jadikan sebagai lahan usaha yang baru.

Apa yang Anda lakukan sebelum memulai usaha sangat menentukan keberlangsungan usaha yang akan dijalankan. Namun, jika Anda pemula dan bingung harus bagaimana, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1. Fokus

Suatu bisnis akan cepat berkembang jika Anda fokus dalam menjalaninya. Dengan fokus, berbagai macam strategi dan juga peluang bisa terbuka. Berbeda dengan kalau Anda menjadikan usaha ini sebagai sampingan. Anda akan sulit untuk mengembangkan usaha tersebut.

2. Melakukan Hal yang Disukai

Pilihlah usaha atau bisnis yang memang Anda menyukai bidang tersebut. Mengapa demikian? karena, jika Anda sudah suka dan cinta terhadap sesuatu, Anda akan lebih mudah untuk bertahan dari berbagai macam rintangan yang ada. Selain itu, Anda tidak merasa terbebani untuk melakukan bisnis tersebut.

3. Konsisten

Kunci dari keberhasilan suatu usaha adalah konsisten. Karena suatu usaha tidak bisa menjadi besar secara tiba-tiba. Apalagi Anda baru saja terjun ke dalam bidang tersebut. Setidaknya, dibutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan agar usaha Anda dikenal oleh banyak orang.

4. Mau Belajar

Dalam menjalankan suatu usaha, Anda juga dituntut untuk mau belajar. Karena usaha membutuhkan perjalanan yang panjang dan banyak ilmu yang harus dipelajari. Mulai dari ilmu pemasaran, cara menarik pelanggan, cara menghitung harga jual, dan masih banyak yang lainnya.

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Selanjutnya, Anda harus memilah dari sekian banyak peluang bisnis yang Anda temui. Pastikan Anda menemukan usaha yang benar-benar menjanjikan. Tidak hanya untuk masa sekarang, namun juga untuk masa yang akan datang.

Lalu, bagaimana menilai suatu usaha menjanjikan ataukah tidak? Setidaknya, ada ciri-ciri khusus ide bisnis yang menjanjikan.

1. Nilai Jual yang Tinggi

Pilih barang atau jasa yang memiliki nilai jual tinggi. Karena dengan begitu, usaha Anda akan cepat berkembang. Selain itu, nilai jual yang tinggi membantu Anda untuk membayar sewa tempat, gaji karyawan, dan pengeluaran-pengeluaran lainnya.

Untuk menentukan produk atau jasa apa yang memiliki nilai jual tinggi, Anda perlu melakukan riset lebih lanjut. Atau bergabunglah dengan komunitas bisnis untuk menemukan insight baru.

2. Bukan Musiman

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk memiliki usaha, pastikan usaha tersebut tidak musiman. Musiman di sini artinya adalah penjualan akan cenderung tinggi jika momen tertentu, dan akan menurun drastis bahkan sepi pembeli di momen lainnya.

Contohnya saja jas hujan. Jas hujan akan mengalami penjualan yang tinggi dan banyak dicari orang saat musim penghujan tiba. Namun, apabila sudah memasuki musim kemarau, tidak akan ada yang membeli jas hujan.

3. Skala Bisnis Dapat Ditingkatkan

Anda pasti ingin usaha Anda berkembang bukan? Maka, cari bisnis yang bisa dikembangkan di kemudian hari. kalau perlu, buat konsepnya sedari awal, seperti reseller dan dropship, tahapan peningkatan skala bisnis, target omzet yang terus meningkat tiap tahunnya, dan lain sebagainya.

4. Produk Mudah Didapat

Pastikan usaha Anda mendapatkan bahan baku yang mudah didapat. Karena, ini akan mempengaruhi proses distribusi dan juga penjualan produk. Selain itu, pastikan juga bahan baku selalu ada. Karena, jika bahan baku musiman atau membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya, Anda akan kesulitan kedepannya.

5. Memiliki Resiko yang Kecil

Sebaiknya, pilih usaha dengan resiko yang kecil. Dengan begitu akan menghindarkan Anda dari kerugian yang besar. Terutama bagi yang baru terjun di dunia bisnis. Akan tetapi, jika Anda sudah cukup ilmu, sah-sah saja jika berani mengambil bisnis dengan resiko yang besar.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Potensial Di Tahun 2022

Peluang Usaha yang Potensial dan Belum Banyak Pesaing

Ide jualan dan bisnis berikut ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Silahkan pilih salah satu atau beberapa contoh peluang usaha di bawah ini yang sesuai dengan hal yang Anda sukai.

1. Laundry Kiloan

Laundy kiloan sebenarnya sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya. Namun, ide dan peluang usaha ini tidak pernah mati. Justru bisa Anda lihat semakin banyak yang membuka jasa laundry kiloan. Ini karena, semakin banyak masyarakat yang sibuk bekerja untuk mencari dana tambahan.

Namun, yang terbaru dari laundry kiloan adalah konsep mencuci pakaian sendiri dengan biaya yang terjangkau. Jika lazimnya ada pegawai yang mencucikan dan menyetrika baju, namun ini harus Anda lakukan sendiri. Konsep seperti ini sudah menjamur di perkotaan. Bahkan peminatnya banyak.

2. Penjahit

Menjadi penjahit juga bisa dijadikan sebagai alternatif usaha. Apalagi, pakaian adalah kebutuhan setiap orang yang tidak ada habisnya. Selain membuat pakaian baru, Anda juga bisa membuka jasa permak baju.

3. Penerjemah

Kemudian, ada juga jasa penerjemah jika Anda memiliki keahlian dalam berbahasa. Usaha ini cenderung membutuhkan modal yang minim dan dapat ditingkatkan menjadi usaha yang besar. Anda bisa merekrut karyawan dengan keahlian berbahasa masing-masing.

4. Bisnis Fashion

Bisnis fashion sering dijadikan sebagai salah satu peluang yang menjanjikan karena pakaian adalah suatu kebutuhan. Agar tampil beda dengan bisnis fashion lainnya, Anda bisa mendatangkan penjahit secara langsung dan mendesainnya di tempat.

Atau, Anda juga bisa membeli produk fashion dari luar negeri kemudian dijual kembali dengan harga yang lumayan.

5. Camilan

Ada lagi usaha yang bisa Anda jalankan di tahun 2022, yaitu usaha camilan. Usaha ini sangat cocok dengan segmen pelajar atau mahasiswa. Karena biasanya, camilan dijadikan sebagai teman untuk mengerjakan tugas dari kampus atau sekolah.

6. Affiliate Marketing

Bisnis yang saat ini mulai banyak peminatnya adalah affiliate marketing. Anda akan mendapatkan uang ketika orang lain membeli barang lewat link khusus yang Anda berikan. Affiliate marketing menjanjikan penghasilan yang tidak main-main jika ditekuni secara serius.

7. Guru les

Guru les sampai saat ini masih bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Karena, di tengah pandemi, intensitas murid untuk bertemu dengan guru sangat terbatas. Padahal, tugas yang diberikan membutuhkan penjelasan yang cukup panjang. Nah, di sinilah guru les bisa dijadikan sebagai solusi.

8. Franchise

Franchise adalah sistem usaha dengan membeli merek tertentu dengan jangka waktu tertentu. Enaknya usaha franchise, Anda tidak perlu bingung memikirkan sistem karena semua sudah tersedia. Mulai dari sistem penjualan, peralatan, bahkan hingga sistem gaji karyawan.

9. Dropship

Bagaimana dengan usaha yang minim modal? Anda bisa menjadi dropshipper. Dropshipper tidak perlu menyetok barang. Bahkan, Anda juga tidak perlu ribet melakukan pengiriman. Karena penyetokan barang hingga pengiriman dilakukan oleh supplier. Tugas Anda hanya memasarkan saja, lalu menyampaikan ke supplier untuk mengirim barang ke alamat pembeli atas nama Anda.

10. Jastip

Saat ini, usaha jastip semakin banyak dilakoni oleh anak muda. Anda juga bisa melihat ini sebagai ide usaha. Biasanya, barang yang sering dijadikan jastip adalah parfum, oleh-oleh khas daerah tertentu, aksesoris, hingga fashion.

11. Kursus online

Di tengah pandemi seperti ini, kegiatan yang berkerumun dibatasi. Termasuk pengadaan kursus offline. Nah, Anda bisa membuka kursus online untuk menjawab permasalahan ini. Namun, Anda harus memiliki skill tertentu. Misalnya kursus bahasa Inggris online, kursus bahasa Jepang online, dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengajak kerjasama orang-orang yang punya skill masing-masing di bidangnya untuk berkolaborasi dengan Anda.

12. Rental mobil

Usaha rental mobil juga bisa Anda coba. Sejak sebelum pandemi sampai sekarang, usaha rental mobil masih dibutuhkan untuk mobilitas. Karena tidak semua orang memiliki mobil, sehingga Anda bisa mengambil celah ini.

Mulailah dengan kendaraan pribadi. Jika usaha Anda berkembang, bukan tidak mungkin Anda bisa menambah armada lainnya.

13. Jasa pembuatan website

Jasa pembuatan website memiliki tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi. Karena, untuk membuat satu website dibutuhkan keahlian tertentu yang membutuhkan waktu tidak sedikit untuk mempelajarinya.

Lebih bagus lagi jika Anda membuat jasa pembuatan website sekaligus jasa lainnya yang masih ada hubungannya. Misalnya, desain logo website, atau penulisan artikel untuk website.

14. Wedding Organizer

Meskipun pandemi, permintaan akan jasa wedding organizer masih banyak. Karena, jumlah orang yang menikah tiap bulannya juga tinggi. Nah, Anda bisa membuka jasa wedding organizer mulai dari modal kecil. Jika pemasukan bertambah, tingkatkan skala bisnis Anda.

15. Kerajinan Tangan

Peluang usaha di masa pandemi berikutnya adalah membuat kerajinan tangan. Faktanya, kerajinan tangan masih tinggi peminatnya hingga saat ini. Karena, kerajinan tangan dinilai unik dan khas. Serta nilai jualnya yang tinggi.

16. Usaha Potong Rambut

Kalau Anda memiliki skill memotong rambut, tidak ada salahnya untuk membuka usaha potong rambut di rumah. Atau, Anda juga bisa menggaji karyawan yang memiliki skill memotong rambut. Apalagi, memotong rambut sudah menjadi suatu kebutuhan baik pria maupun wanita.

17. Jasa Penitipan Anak

Di era modern seperti sekarang, terkadang orang tua sama-sama sibuk bekerja. Sedangkan anak di rumah tidak ada yang menjaga. Anda bisa membuka jasa penitipan anak untuk mereka yang bingung menitipkan anak mereka saat bekerja.

Agar menjadi nilai lebih, tambahkan juga sistem pendidikan atau stimulasi di lokasi penitipan. Selain itu, pastikan makanan yang disediakan adalah makanan yang bergizi.

18. Ojek Online

Ojek online bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dengan modal yang minim. Selain membuka usaha ojek online sendiri, Anda juga bisa bergabung dengan mitra ojek online yang sudah beroperasi, sepero Gojek atau Grab.

19. Toko Online

Adanya marketplace saat ini, memudahkan Anda untuk membuka toko online tanpa harus menyewa tempat fisik yang membutuhkan dana besar. Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual beragam produk, mulai dari fashion, produk kesehatan, aksesoris, dan lain sebagainya.

Keuntungan membuka toko online adalah Anda bisa menjangkau segmen pasar yang tak terbatas. Bahkan, Anda bisa mendapatkan pelanggan hingga luar negeri loh!

20. Catering

Usaha catering juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan usaha potensial di tahun 2022. Pasalnya, banyak pekerja kantoran yang tidak sempat memasak karena kesibukannya. Anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai suatu peluang. Pastikan makanan yang Anda buat adalah makanan yang bergizi ya!

21. Minuman Kesehatan

Saat ini, permintaan akan minuman kesehatan cenderung tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi. Anda bisa memproduksi minuman kesehatan sendiri atau bekerjasama dengan produsen tertentu.

Namun, untuk menjual minuman kesehatan ini, pastikan produknya aman dikonsumsi dan sudah tersertifikasi.

22. Grooming

Grooming adalah jasa memandikan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Hobi memelihara hewan ini cukup banyak. Anda bahkan bisa menghitungnya di sekitar rumah. Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Anda bisa membuka usaha grooming di rumah atau grooming panggilan dengan biaya yang sedikit lebih mahal.

Namun, pahami resiko ketika membuka usaha ini. Anda mungkin akan menjumpai kucing atau anjing yang galak ketika dimandikan dan berpotensi menyakar atau menggigit.

23. Sewa Perlengkapan Bayi

Biasanya, ada banyak pertimbangan kenapa seseorang lebih memilih menyewa perlengkapan bayi dibandingkan membelinya. Salah satunya adalah perkembangan anak yang sangat pesat sehingga seringkali perlengkapan bayi cepat tidak terpakai.

Persewaan perlengkapan bayi yang bisa Anda sediakan misalnya peralatan mpasi, peralatan asi, hingga mainan untuk bayi.

24. Sewa Pakaian

Bisnis sewa pakaian biasanya cocok digunakan untuk momen-momen khusus, seperti pernikahan, hari kartini, wisuda, dan acara-acara lainnya. Untuk membuka usaha ini, Anda memerlukan stok baju yang cukup banyak.

Namun, Anda bisa memulai dengan menyewakan baju khusus untuk wisuda. Lalu, seiring berkembangnya usaha, Anda bisa merambah ke persewaan baju lainnya.

25. Thrifting

Saat ini usaha baju bekas atau yang lebih dikenal dengan thrifting semakin diminati. Bukan hanya karena harganya yang murah, namun kualitasnya pun terbilang masih bagus untuk dipakai. Untuk mendapatkan baju bekas, Anda bisa bekerjasama dengan supplier khusus.

26. Sewa Alat Mendaki

Selanjutnya, usaha persewaan alat mendaki juga bisa Anda pilih sebagai alternatif pilihan usaha. Namun, usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar. Mengingat, peralatan mendaki harganya cukup mahal.

27. Cuci Sepatu Online

Pernah mendengar jasa cuci sepatu online? Ya, usaha ini sudah mulai ada yang membidik namun persaingannya cenderung rendah. Biasanya, usaha cuci sepatu ini hanya membidik sepatu-sepatu dengan harga yang mahal saja. Namun, Anda juga bisa membuka segmen baru untuk kelas sepatu menengah ke bawah.

28. Jasa Bersih-Bersih Rumah

Jas bersih-bersih rumah, hingga kini masih tinggi peminatnya. Bukan karena malas bersih-bersih rumah. Melainkan karena kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk berbenah. Anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang bisnis di tahun 2022.

29. Jasa Desain

Jasa desain membutuhkan keahlian khusus seputar desain. Jika Anda memiliki skill tersebut, tidak ada salahnya untuk membuka jasa desain bukan? Kalau perlu, gabungkan bisnis ini dengan jasa pembuatan website.

30. Jasa Penulis Artikel

Terakhir, ada jasa penulis artikel untuk mengisi konten sebuah website. Untuk menjadi penulis artikel, Anda membutuhkan keahlian di bidang SEO agar artikel Anda bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk mempelajari cara kerja SEO, Anda bisa menggunakan jasa penulisan artikel SEO friendly di Anis Writer. Anis Writer merupakan jasa penulisan artikel yang bisa membantu Anda untuk membuat konten website dengan professional. Hubungi Anis Writer untuk berkonsultasi dan dapatkan penawaran harga yang menarik.

Demikian penjelasan tentang peluang usaha di tahun 2022. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.